Wisata Di Malang Bromo

Gunung Bromo sangat terkenal karena memiliki pesona yang tak terkalahkan. baik wisatawan domestik maupun mancanegara saling berlomba untuk mengunjungi salah satu tempat wisata di Kota Malang. Memiliki ketinggian 2.329 m di atas permukaan laut dan memiliki nama yang berasal dari kata Brahma yang merupakan salah satu Dewa dalam kepercayaan agama Hindu. Gunung ini merupakan gunung berapi aktif yang berada di perbatasan 4 wilayah kabupaten. Wisata di Malang Bromo ini menawarkan pemandangan menakjubkan dan tidak akan ditemui di tempat lainnya.

Sama seperti gunung berapi aktif lainnya, Gunung Bromo tercatat mengalami beberapa kali letusan sejak tahun 1775 dan pada tahun 1974 tercatat sebagai letusan terbesarnya. Gunung Bromo terakhir kali meletus pada tahun 2015 lalu. Akibat dari letusan tersebut, wisata di Malang Bromo sempat ditutup dengan radius aman 2,5 km dari bibir kawah. Meskipun beberapa kali meletus, masyarakat sekitar Bromo seperti sudah terbiasa dengan aktivitas vulkanik gunung tersebut.

Gunung Bromo sendiri adalah gunung yang di sucikan oleh masyarakat suku Tengger yang tinggal di kaki gunung. Suku Tengger memiliki matapencahariaan sebagai petani sayur, karena tanah di sekitar Bromo yang subur. Suku Tengger diyakini bermula dari kisah legenda Roro Anteng dan Joko Seger yang konon hidup di masa kerajaan Majapait.

wisata di malang bromo

Konon ketika di masa kerajaan tersebut penduduk pribumi terpisah menjadi dua kelompok. Kelompok pertama lari menuju arah Gunung Bromo dan bermukim di sana, sedangkan kelompok kedua menuju ke pulau Bali.

Wisata di Malang Bromo ini sangat menarik untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga. Dengan udaranya yang sejuk dan keindahan alamnya membuat anda merasa segar dan lupa dengan rutinitas harian yang membosankan. Gunung Bromo memiliki hamparan padang pasir berwarna hitam yang biasa di sebut sebagai pasir berbisik.

Ada penyewaan kuda bagi anda yang ingin berkeliling pasir berbisik tanpa kelelahan berjalan kaki. Walaupun siang hari, anda tidak akan merasa kepanasan karena udaranya yang segar dan dingin. Untuk menuju kawah Bromo anda harus menitih anak tangga yang lumayan banyak, dari atas kawah tersebut anda dapat emnyaksikan pemandnagan yang luar biasa.

Persawahan dan perumahan warga Tengger yang nampak dari kejauhan akan berpadu dengan kegagahan perbukitan di sekitar Bromo. Saat pagi hari tidak jarang ada kabut tipis yang menyelimuti kawasan ini sehingga menciptakan suasana yang nampak dramatis.

Kawah Gunung Bromo selalu mengeluarkan kepulan asap, sekedar info saja bahwa Gunung Bromo memiliki matahari terbit tercantik di dunia. Tidak heran mengapa Gunung Bromo terpilih menjadi spot matahari terbit tercantik di dunia. Saat langit malam gelap di temani bintang yang nampak menyebar di luasnya langit perlahan berubah menjadi sedikit jingga. Dan akhirnya langitpun biru dan ditemani oleh matahari yang terasa hangat.

Berpadu dengan Gunung Bromo yang nampak gagah serta lautan pasir yang berkilauan terkena cahaya matahari pagi. Walaupun keheningannya akan segera terpecahkan karena banyaknya pengunjung, namun kedamaian akan selalu dimiliki oleh tempat wisata alam di Malang ini.

Di bulan tertentu akan ada perayaan adat yang dihadiri oleh masyarakat tengger, mereka akan melarung beberapa persembahan ke kawah Gunung Bromo. Mungkin inilah waktu yang tepat untuk anda berkunjung. Selain bisa menikmati wisata alamnya, anda juga mendapatkan pengalaman wisata budaya yang tidak akan ditemukan di tempat lainnya.